Ekstrakurikuler & Kokurikuler pada simpatika

PEMBIMBINGAN KOKURIKULER

Kegiatan yang dapat dimasukkan sebagai kokurikuler dan diakui sebagai jam tambahan bagi guru antara lain:
  1. Bimbingan Baca Tulis Al Quran untuk mata pelajaran Al Quran Hadits
  2. Bimbingan Kaligrafi Arab untuk mata pelajaran Bahasa Arab
  3. Bimbingan Seni Tari, Drama (Teater), dan seni Pertunjukkan untuk mata pelajaran Seni dan Budaya.
Setiap kegiatan kokurikuler tersebut ekuvalen dengan 2 (dua) JTM per minggu untuk kegiatan yang diikuti sedikitnya oleh 15 siswa perkelompoknya. Dan setiap kelompok dibimbing oleh seorang guru.
Jadi mata pelajaran muatan lokal seperti Baca Tulis Al Quran (dan mungkin yang sejenis seperti Nahwu Shorof) dapat dialihkan menjadi kegiatan pembelajaran kokurikuler.
KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
Kegiatan ektrakurikuler disetarakan dengan 2 (dua) JTM perminggunya. Dengan syarat kegiatan tersebut diikuti oleh sedikitnya 15 (lima belas) siswa. Masing-masing kegiatan ekstrakurikuler dibimbing oleh seorang pembimbing. Dan jika kegiatan tersebut diikuti oleh lebih dari 50 siswa, maka dapat dibimbing oleh 2 (dua) orang pembimbing dan berlaku untuk kelipatannya. Setiap guru hanya dapat membimbing maksimal 2 jenis kegiatan ekstrakurikuler.
Mata pelajaran mulok dapat dialihkan menjadi kegiatan ekstrakurikuler. Tentunya dengan tetap mengacu pada KMA Nomor 103 Tahun 2015.
Cara Set Jam Tambahan Ekstrakurikuler dan Kokurikuler
Untuk cara melakukan set atau menambah jam tambahan ekuivalensi ektrakurikuler dan kokurikuler, simak video tutorial berikut ini.

Previous
Next Post »